Aku Bukan Selebritis


Para selebritis di ajang Oscar 2012

TEDY bukanlah seorang selebritis. Ia hanya seorang bapak dari tiga anak yang masih kecil. Ia baru saja melakukan sebuah keputusan yang tak pernah terpikir dalam hidupnya.

“Kalau abang seorang selebritis pastilah sudah dikejar-kejar wartawan infotainment. Kan menarik seorang aktor tiba-tiba kepergok sedang mengasuh ketiga anaknya, lalu kemanakah istri abang?” kata Juilo, adik Tedy, suatu hari. Tedy tersenyum mendengar candaan seperti itu.

Selintas terbayang perceraian para selebiritis seperti Anang Hermansyah-Krisdayanti, Ahmad Dani-Maia, Tora Sudiro dan Rizki “The Titans” yang begitu mendominasi tayangan infotainment di hampir semua televise beberapa waktu lalu.

“Tapi aku ‘kan bukan selebritis,” ucapnya dalam hati.

Tedy dan Farida sebenarnya dikenal sebagai pasangan serasi. Meski berbeda kantor, keduanya sering pergi dan pulang bersama. Mereka juga sering mengumbar kata honey atau sayang. Ketika itu tak ada yang pernah membayangkan–bahwa dengan tiga anak–keduanya akhirnya berpisah.
Tedy pun begitu. Ia sadar bahwa sebuah keluarga, setelah punya anak, maka tumpuan perhatian masing-masing akan ke anak. Anak adalah darah daging kalau istri hanya pendamping hidup.

“Jika sudah diceraikan, istri namanya menjadi bekas istri. Tapi anak selamanya tetap anak kandung,” ucap Tedy. Untuk argumen tersebut, Julio pun menyetujuinya. Namun soal perceraian ia adalah penentang pertama.

Sesungguhnya pula, Tedy sudah merasakan punya perbedaan yang tak bisa dipertemukan ketika istrinya mengandung anak ketiga. Ketika itu ia mentolerirnya dengan alasan anak haruslah diselamatkan.

Meski sang istri tiba-tiba sering ngambek tanpa alasan jelas, memuji- muji relasi secara berlebihan, atau menyalahkah dirinya karena penghasilan dianggap kurang dengan tiga anak, Tedy tetap saja bersabar. Julio mendukung kesabarannya.

Suatu hari Farida menuduh Tedy telah selingkuh. Ia pun marah besar. Tanpa bisa dibendung, Tedy mengeluarkan kata-kata kasar saking marahnya. Eh, sang istri malah seperti punya alasan untuk meninggalkan Tedy dan anak- anaknya.

Kepada ketiga anaknya melalui telepon, sang istri selalu bilang sedang banyak kerjaan dan menginap di kantor atau rumah teman. Tedy yang tak percaya lalu menyelidikinya. Ternyata sang istri menginap di sebuah hotel. Lewat teman-teman istrinya di kantor, Tedy memperoleh info bahwa istrinya sedang dekat dengan seorang lelaki kaya.

Info itu membuat hati Tedy bergolak. Pertengkaran panas kembali tak terhindarkan. Farida memilih kembali meninggalkan rumah. Ia sempat ngotot membawa ketiga anaknya, tapi Tedy berhasil mempertahankan. Ketiga anak mereka bingung, mungkin shock, ada apa dengan bapak-ibunya?

Setelah itu perdamaian demi perdamaian melalui keluarga beberapa kali dilakukan. Namun sepertinya tak ada lagi jalan damai bisa ditempuh. Perbedaan visi–begitu mengutip istilah para selebiritis–antara Tedy dan Farida sudah tak bisa lagi dipertemukan.

Demi masa depan anak-anak akhirnya keduanya berpisah secara baik- baik. Keluarga besar keduanya mewanti-wanti agar soal perceraian itu tak sampai muncul keluar. Soal anak-anak seminggu ikut Farida, seminggu kemudian ikut Tedy atau sesuka anak-anak. Pada saat liburan mereka pergi bersama seakan sebuah keluarga normal. Perceraian Tedy-Farida lumayan tertutup rapat.

Namun setelah Farida akhirnya menikah lagi dengan lelaki lebih kaya yang sebelumnya sudah disebut-sebut menjadi salah satu penyebab perceraian, luka lama perceraian pun muncul lagi dengan sendirinya. Julio yang biasanya bersikap netral pun kini memaki-maki mantan kakak iparnya itu.

Saat itulah giliran Tedy yang khawatir trauma berumah tangga dirinya akan ikut mempengaruhi adiknya itu dalam memilih pasangan. “Kamu memang harus selektif memilih calon istri, tapi jangan terlalu ketat,” ucap Tedy kepada Julio. “Setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak ada manusia yang sempurna,” kata Tedy lagi.

Tapi karena bukan selebritis tak ada yang peduli dengan perceraian dan perkawinan kedua istrinya. Di facebook Tedy akhirnya berani mengubah statusnya dari “married” menjadi “single”.

Tanggapan pun bermunculan, sebagian besar tak percaya!

——-

sumber foto di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s