Tak Mudah Menanamkan Kejujuran


 Sebagai orangtua yang baik, Udin ingin selalu menanamkan kejujuran kepada anak semata wayangnya, Nonot.

Misalnya, tatkala naik kereta api listrik (KRL), semua penumpang haruslah turun di stasiun yang ditujunya. Kala itu, masih ada KRL jenis ekspress yang hanya diperbolehkan naik dan turun di stasiun-stasiun tertentu.

KRL Ekpress Depok yang harga tiketnya Rp 9.000 per penumpang, misalnya, hanya boleh menaikan dan menurunkan di Stasiun Depok Lama dan Depok Baru. Maka setelah melakukan perjalanan ke daerah Kota, Udin dan sang bocah pulang ke Depok.

Sang anak mengajak turun di Stasiun Pondok Cina, sebelum Stasiun Depok Baru, karena ingin jalan-jalan di Depok Town Square (Detos). Tapi ayahnya bilang tidak bisa dan tidak boleh karena kereta tak akan berhenti di stasiun tersebut.

Di luar dugaan KRL Ekpress it berhenti di Stasiun Pondok Cina karena menurunkan sejumlah penumpang melalui pintu masinis. Untuk itu, tentu tidaklah gratis. Penumpang  memberi sejumlah uang kepada petugas agar bisa turun di stasiun tersebut. Biasanya disebut sebagai “uang rem”

Nonot pun protes. “Kata papa nggak boleh turun di sini? Kok keretanya berhenti?”

Dengan berbagai cara Udin pun menjelaskan bahwa sesungguhnya memang tak boleh turun di stasiun tersebut. “Mungkin karena ada penumpang yang sakit,” ucapnya.

Ia terpaksa berbohong karena merasa anaknya belum siap menerima penjelasan bahwa masinis telah melakukan pelanggaran demi memperoleh uang dari penumpangnya.

Besok harinya, Nonot bermain kereta-keretaan dan ia menjadi masinisnya. “Ayo yang siapa yang mau turun di Stasiun Depok, turun Stasiun Pondok Cina juga bisa kok…” katanya berulang-ulang.

Udin hanya bisa mengelus dada. Ternyata tak mudah menanamkan kejujuran di sebuah lingkungan yang kerap menampilan ketidakjujuran. Beruntung, KRL Ekspress sekarang dihapus diganti Commuter Line yang turun di semua stasiun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s