Nyoblos dan Yang Dicoblos Harus Sama-Sama Enak


kartu suara

Ini merupakan kartu suara yang disebar caleg untuk memilih dirinya

Ini Pileg (pemilihan anggota legislatif) bukan Pilres (pemilihan presiden) bung. Kalau pilpres bolehlah membeli harapan, tapi kalau Pileg tak ada yang bisa diharapkan.
Kalau Pilpres peran sosok sangat penting. Calon pemilih tak harus kenal atau tak harus berharap memperoleh dampak langsung berupa uang atau barang. Tapi Pileg peran sosok tak terlalu penting. Sosok anggota legislatif belakangan sudah terdistorsi. Mereka bukan lagi sosok pejuang rakyat tapi sosok pencari pekerjaan atau penghasilan lebih besar.
Karena itu pileg lebih realistis, harus lebih “jelas” . Jelas siapa sosoknya, jelas jam terbangnya, juga jelas dampak langsungnya kepada masyarakat. Dampak langsung itu bukan semata dalam artian money politics atau politik uang, tapi kehadirannya di sekitar daerah pemilihannya (dapil).
Singkat kata, Nyoblos Sama Yang dicoblos Harus Sama-Sama Enak adalah kenyataan yang berlaku untuk Pileg (lihat Satu Suara Caleg Seharga Rp 200.000)
Berikut adalah tipe/perilaku pemilih sebelum masuk ke bilik suara.
1: Sudah jelas gambaran caleg yang akan dipilih. Caleg tersebut adalah sosok yang telah memberi uang/barang paling besar
2: Sudah jelas gambaran caleg yang akan dipilih. Caleg tersebut adalah sosok yang sudah dikenal dan memberi uang/barang meski tidak besar.
3: Sudah jelas gambaran caleg yang akan dipilih. Namun pemilih tersebut akan berbagi suara dengan istri/suami/saudara antara caleg yang sudah dikenal dan caleg yang memberikan uang/barang paling besar nilainya.
4: Sudah jelas gambaran caleg yang akan dipilih. Caleg tersebut adalah sosok yang sering dikenal melalui media massa/elektronik (biasanya artis/olahragawan).
5: Belum jelas gambaran caleg yang akan dipilih. Datang karena sudah menerima undangan. Biasanya akan cenderung memilih partai dibanding caleg karena tak ada yang dikenal.
6: Belum jelas gambaran caleg yang akan dipilih. Biasanya akan mencoblos gambar seenaknya. Bahkan membuat kartu pemilih tak berlaku.

Apakah Anda menemukan perilaku khusus selain yang saya paparkan di atas. Selamat hari libur. Vote for a better Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s