Sergio Ramos dari Pecundang Jadi Pahlawan: Nilai 10!


Ramos

Sergio Ramos selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bayern Muenchen

Bek Sergio Ramos tampil gemilang saat mencetak dua gol dari empat gol tanpa balas ke gawang Bayern Muenchen di Stadion Allianz Arena, Rabu (30/4) malam.

Pemain berusia 28 tahun itu pun seperti bermetaformosa dari seorang pecundang, dua tahun lalu menjadi pahlawan, malam itu. “Ini adalah mimpi menjadi kenyataan. Saya tak pernah bermain di final Liga Champions, dan sekarang akhirnya kesampaian,” kata Ramos, usai pertandingan.

Ia pun mengaku berutang di Liga Champions. Utang itu berupa kegagalan mencetak gol dalam adu penalti di babak semifinal Liga Champions tahun 2012.

Ketika itu di leg pertama, Real Madrid yang ditangani Jose Mourinho menang 2-1. Muenchen membelasanya dengan skor sama sehingga terjadi adu penalti.

Eksekusi pertama Madrid yang diambil Ronaldo dan gagal. Itu merupakan kegagalan pertama CR7 dari 25 tugas ekskusi penalty yang selalu berhasil.

Kegugupan langsung menyergap skuat Madrid sehingga eksekusi berikutnya yang diambil Kaka dapat dipatahkan juga oleh Neuer. Casillas sempat menghidupkan peluang Madrid dengan menepis eksekusi Toni Kroos dan Philip Lahm. Namun, harapan Los Merengues sirna begitu tendangan Sergio Ramos melayang ke atas mistar.

Pada eksekusi penentuan, Bastian Schweinsteiger berhasil menjalankan tugasnya. Malam itu pun Ramos memperoleh penilaian terburuk dan menjadi pecundang.

sergio

Penilaian Editor dan Pembaca Goal.com. Ramos terburuk pada semifinal tahun 2012

Sebelumnya, saat pertama tampil di Liga Champions, Ramos juga menjadi pecundang karena melakukan kesalahan lawan Bayern Muenchen. Kala itu Madrid jumpa Bayern di babak 16 besar Liga Champions musim 2006/2007.

Madrid datang ke markas Munchen dengan membawa keunggulan 3-2 yang didapat di leg pertama. Namun tim tamu sudah kebobolan saat pertandingan baru berjalan 20 detik setelah Roy Makaay menjebol gawang Iker Casillas. Lucio kemudian menggandakan keunggulan Munchen lewat golnya di babak kedua.

Tujuh menit terakhir pertandingan jadi drama untuk Madrid. Los Blancos yang kala itu ditangani Fabio Capello bisa memperkecil ketertinggalan lewat sepakan Ruud van Nistelrooy dari titik putih. Madrid akhirnya mencetak gol keduanya lewat sepakan voli Ramos. Tapi, gol bek internasional Spanyol itu dianulir wasit karena dianggap lebih dulu melakukan handball. Madrid pun tersingkir.

Karena itu, Ramos sempat menganggap Allianz Arena sebagai horor. Apalagi dalam 10 pertemuan, Madrid hanya berhasil menahan imbang 1-1 dan sisanya kalah. Namun trauma itu terbayar sudah. Ramos sendiri mungkin tak menduga bisa menjadi man of the match dalam laga itu. Situs bleacherreport.com bahkan memberinya nilai 10 atau nilai sempurna. Sedang Ronaldo dapat nilai 9.

Sergio

Nilai Sergio Ramos 10. Hebat Euy!

Sejak pertandingan bergulir, Munchen langsung menekan. Tetapi tim tamu rupanya telah belajar dari pengalaman leg pertama. Mereka tak tinggal diam dan melakukan serangan yang tak kalah berbahaya.

Dan dalam tempo 4 menit, yakni menit 16 hingga menit 20, Ramos muncul sebagai pencetak gol tak terduga. Keduanya dicetak Ramos dengan sundulan kepala, memanfaatkan umpan tendangan penjuru dan tendangan bebas. Dua gol lainnya dicetak pemain terbaik dunia musim lalu Cristiano Ronaldo.

Dua gol tersebut menjadikan CR7 sebagai pemain pertama yang bisa mencetak 16 gol dalam satu musim Liga Champios. Rekor terbanyak sebelumnya, 14 gol dibukukan Altafini dari AC Milan musim 1962/1963, Ruud van Nistelrooy dari Manchester United musim 2002/2003, dan Lionel Messi dari Barcelona musim 2011 / 1012.

“Mencetak gol merupakan bonus, namun hal yang terpenting adalah kamibisa mencapai final dan berpeluang meraih gelar ke sepuluh (la decimal),’’ ujar Ramos.

Real

Statistik live Bayern vs Real Madrid (bbc co.uk)

 

SERGIO RAMOS GARCIA
* 30 Maret 1986 (28 tahun)
* di Camas, Spanyol
* Posisi bek tengah
* Tinggi badan 183 cm
KARIER PROFESIONAL
2003–2004 Sevilla B 26 (2)
2004–2005 Sevilla 39 (2)
2005–2014 Real Madrid 283 (34)
KARIER DI TIMNAS
2002 Spanyol U17 1 (0)
2004 Spanyol U19 6 (0)
2004 Spanyol U21 6 (0)
2005 Spanyol senior 115 (9)

 

2 thoughts on “Sergio Ramos dari Pecundang Jadi Pahlawan: Nilai 10!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s