Perdana Menteri Cantik Ini Dilengserkan dan Akan Diadili Kasus Korupsi


PM

PM wanita pertama Thailand yang disebut-sebut sebagai PM tercantik di dunia

Perdana Menteri wanita pertama Thailand, Yingluck Shinawatra harus mengikuti jejak kakak tertuanya, mantan PM Thaksin Shinawatra. Ia dilengserkan di tengah jalan melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

Wanita yang kini berusia 46 tahun itu dianggap bersalah telah menyalahgunakan kekuasaan. Salah satu kesalahan tak termaafkan adalah memindahkan kepala dewan keamanan nasional ke jabatan lain pada 2011 yang dianggap menguntungkan kerabat Yingluck.

Kabinet lantas menunjuk Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Perdagangan, Niwattumrong Boonsongpaisan, untuk menggantikan posisi Yingluck.

Usaha menggulingkam PM Thailand ke-28 itu terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Usaha menggulingkan melalui aksi demonstrasi ternyata tak berhasil. Oposisi Thailand selanjutnya menempuh jalur hukum.

Namun keputusan MK tampaknya tidak mengurangi kemelut politik di Thailand. Pengunjuk rasa anti-pemerintah masih berada di jalanan Bangkok. Sementara pendukung Yingluck juga tak mau kalah. Malah mereka dilaporkan melempar rumah seorang hakim MK Thailand dengan granat.

PM

PM cantik Thailand bersama suami dan anak tunggalnya

Korupsi Beras
Seperti jatuh tertimpa tangga, setelah dilengserkan MK, PM yang disebut- sebut tercantik di dunia itu kini harus siap menjalani sidang korupsi menyangkut program subsidi beras.

Dakwaan tersebut dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi Nasional, Kamis (8/5) sehari setelah MK memerintahkan kepada Yingluck Shinawatra untuk mundur dari jabatannya sebagai perdana menteri karena menyalahgunakan kekuasaan. Selain Yingluck, sembilan anggota kabinet lainnya juga diberhentikan oleh MK.

Seorang anggota Komisi Pemberantasan Korupsi Nasional, Vicha Mahakun mengatakan lembaga tersebut dengan suara bulat menyatakan bahwa terdapat cukup bukti untuk mengenakan dakwaan kepada Yingluck.
Dia menghadapi pemungutan suara untuk pemakzulan di Senat. Bila dimakzulkan dan dinyatakan bersalah, maka Yingluck akan dilarang berpolitik selama lima tahun.

Program subsidi beras merupakan kebijakan penting bagi pemerintahan Yingluck yang membantu menarik jutaan suara petani. Namun program tersebut menimbulkan kerugian negara setidaknya sekitar 4,4 miliar dolar AS dan diwarnai dengan berbagai tuduhan korupsi.

Namun tetap saja, usaha “menghabisi” Yingluck diprediksi akan menimbulkan bentrok horisiontal masing-masing pendukung. Amerika Serikat sendiri sudah menyerukan resolusi “damai” untuk ketegangan politik di Thailand termasuk diadakan pemilu baru. Namun tampaknya itu akan memakan waktu.

 YINGLUCK SHINAWATRA
* Lahir 21 Juni 1967 (46 tahun)
* Adik bungsu mantan PM Thaksin Shinawatra
* Master politik Kentucky State University
* Menikah dengan pengusaha, Anusorn Amornchat
* Dikaruniai satu anak, Supasek Amornchat
* Perdana Menteri wanita pertama Thailand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s