Daftar Baru Perjalanan Commuter Line: Tak Lagi Sampai Dini Hari


Menunggu Commuterline di Stasiun Jati Negara

Menunggu Commuterline di Stasiun Jati Negara

Per 1 Juni 2014 memang ada jadwal penambahan jadwal Commuterline atau istilah PT KA Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka). Namun angkutan massal itu tak lagi sampai beroperasi hingga dini hari. Para pekerja yang biasa ngalong pun terpaksa harus kembali naik omprengan.

Jika sebelumnya kereta paling malam menuju Bogor akan berangkat dari Stasiun Jakarta Kota pada pukul 00.25 WIB. Kini kereta paling malam beroperasi hingga pukul 23.30. Sedang pada pada pagi hari, kereta tetap beroperasi mulai pukul 04.00 WIB,

Perubahan jadwal Commuterline ini terkait dengan selesainya rel ganda di lintas utara Pulau Jawa. Dengan selesainya rel ganda, waktu tempuh kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Jakarta maupun menuju Jakarta melalui jalur utara dapat dipersingkat.

Mulai 1 Juni 2014, perjalanan Commuteline setiap hari menjadi 645 perjalanan/hari dari sebelumnya 589 perjalanan/hari yang akan dilayani dengan dengan 56 rangkaian kereta atau 56 loop.

Eva Chairunissa, Manajer Humas PT KCJ, menyatakan bahwa perjalanan KRL terbesar masih pada lintas Bogor/Depok. Pada lintas tersebut, terdapat 33 rangkaian kereta yang melayani 294 perjalanan kereta. Lintas Serpong dan Tangerang masing-masing melayani delapan rangkaian kereta untuk melayani 104 perjalanan dan tiga rangkaian kereta untuk melayani 62 perjalanan setiap harinya.

Selain itu, penambahan perjalanan KRL juga terjadi di rangkaian feeder untuk rute Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Duri-Kampung Bandan-Jakarta Kota dengan 68 perjalanan/hari yang dilayani dengan tiga rangkaian KRL.

PT KCJ berharap dengan adanya jadwal perjalana KRL yang baru diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para pengguna jasa KRL di Jabodetabek dengan tetap memberikan prioritas untuk keselamatan dan keamanan perjalanan KRL.

DAFTAR PERJALANAN COMMUTERLINE
* Lintas Bogor/Depok sebanyak 33 loop dengan jumlah perjalanan 294.
* Lintas Bekasi sebanyak 9 loop dengan jumlah perjalanan 117.
* Lintas Serpong sebanyak 8 loop dengan jumlah perjalanan 104.
* Lintas Tangerang sebanyak 3 loop dengan jumlah perjalanan 62.
* Lintas feeder sebanyak 3 loop dengan jumlah perjalanan 68.

JADWAL LENGKAP DOWNLOAD DI SINI YA

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s