Elektabilitas Jokowi vs Prabowo 5-2


capres1

Pilpres tinggal sebulan lagi. Menurut hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) di 7 provinsi terbesar di Indonesia, pasangan capres Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul di lima provinsi. Meski demikian, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul di ibukota Jakarta dan Provinsi Banten.

Survei dilakukan awal Mei dengan 2.400 responden dan margin eror 2 persen. “Tujuh provinsi yang kami survei merupakan wilayah strategis. Di sinilah the real battle field (medan pertarungan sesungguhnya) para capres dan cawapres dalam menentukan kemenangan,” kata peneliti LSI Rully Akbar kepada wartawan Rabu (4/6).

dki

banten

Tujuh provinsi yang dimaksud adalan Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, dan Sulsel. Populasi pemilih di ketujuh provinsi ini, kata Rully, mencapai 70 persen dari total pemilih nasional. Mereka yang memenangi suara pemilih di tujuh provinsi akan menjadi presiden dan wakil presiden.

jabar

jateng

jatim

sumut

sulsel

Jokowi-JK juga unggul dalam empat isu strategis, sedangkan Prabowo-Hatta unggul pada satu isu. Empat isu tersebut adalah isu ekonomi, penegakan hukum, keamanan, dan sosial. Sedang Prabowo-Hatta unggul pada isu stabilitas politik.

“Untuk isu ekonomi, publik lebih percaya pasangan Jokowi-JK mampu menanganinya, pasangan Jokowi-JK mendapat kepercayaan sebesar 38,78 persen.  Sedangkan Prabowo-Hatta sebesar 21.56,” kata Peneliti LSI.

Sedangkan untuk isu stabilitas politik pasangan Prabowo – Hatta lebih dipercaya mampu menjaga kestabilan dibanding pasangan Jokowi-JK. “Untuk menjaga stabilitas politik Prabowo-Hatta mendapat kepercayaan masyarakat sebesar 37,03 persen, sedangkan Jokowi-JK hanya 23,87 persen,” katanya.

Efek Cawapres
Dalam survei kali ini, LSI juga mengukur efek cawapres terhadap elektabilitas capres di setiap teritori wilayah. Apakah kombinasi cawapres Jokowi maupun Prabowo berefek pada naik atau turunnya suara capres/pasangan di sejumlah teritori?

LSI mengklasifikasi 33 propinsi di Indonesia ke dalam 3 teritori besar. Ketiga teritori besar tersebut adalah antara lain; teritori Barat (semua propinsi di Pulau Sumatera), teritori Tengah (Semua propinsi di Pulau Jawa, Bali, NTB,NTT), dan teritoti Timur (semua propinsi di Kalimantan dan Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua,Papua Barat).

Hasilnya dengan kehadiran JK sebagai cawapres Jokowi ternyata menambah dukungan pasagan Jokowi-JK di teritori timur, namun mengurangi dukungan pasangan ini di teritori Barat. Sementara efek JK di teritori tengah, populasi pemilih terbesar (mencapai 60%), cenderung stabil. Hadirnya JK menambah dukungan pasangan Jokowi-JK dari 37.66 persen menjadi 42.35 persen di teritori timur.

Sementara hadirnya JK sebagai cawapres Jokowi justru mengurangi dukungan pasangan ini dari 36.12 persen menjadi 32.97 persen di teritori barat. Sebaliknya hadirnya Hatta Rajasa sebagai cawapres Prabowo ternyata mampu menaikan elektabilitas pasangan ini di teritori Barat, namun menurunkan elektabilitas pasangan ini di teritori Timur.

Elektabilitas pasangan ini naik dari 21.70 persen menjadi 24.61 persen di teritori Barat. Elektabilitas pasangan ini pun turun dari 21.0 persen menjadi 15.33 persen di teritori timur.

kala

hatta

 

Secara umum, pasangan Jokowi-JK masih unggul dari pasangan Prabowo-Hatta di ketiga wilayah teritori tersebut. Di teritori Barat, Jokowi-JK memperoleh dukungan sebesar 32.97 persen, sementara pasangan Prabowo-Hatta didukung oleh 24.61 persen pemilih.

Di teritori Tengah, elektabilitas Jokowi-JK sebesar 34.23 persen, sementara elektabilitas Prabowo-Hatta sebesar 25.92 persen. Di teritori Timur, elektabilitas pasangan Jokowi-JK mencapai 42.35 persen sementara pasangan Prabowo-Hatta memperoleh dukungan sebesar 15.33 persen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s