Wah, Kim Jong-Un Mulai Munculkan Adik Perempuannya


kim

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un diduga mulai mempersiapkan adik perempuannya, Kim Yo-Jong untuk tampil dipemerintahan. Dugaan tersebut muncul setelah sang adik diberitakan memperoleh jabatan penting sebagai pejabat senior di partai penguasa.

Kim Yo-Jong yang diperkirakan berusia 26 tahun, pertama kali muncul saat pemakaman ayahnya, Kim Jong-Il pada Desember 2011. Sejak itu, ia hanya beberapa kali terlihat menemani kakaknya, namun tanpa memiliki jabatan tertentu.

Sementara itu pada penampilan Kamis (27/11), Kim Yo-Jong disebut-sebut menjabat sebagai Wakil Direktur Partai Buruh. Dia juga sempat terlihat menemani Kim Jong-Un dalam perjalanan ke sebuah studio film kartun yang didirikan kakek mereka dan presiden pendiri Korea Utara, Kim Il-Sung. Kabar itu disampaikan kantor berita Korea Utara, KCNA.

Dalam kunjungan tersebut, Kim Jong-Un mendesak animator untuk menghasilkan karya-karya yang “benar mencerminkan partai”. Tidak jelas apa tanggung jawab Kim Yo-Jong dalam peristiwa itu. Namun diduga ia masuk departemen yang menangani perubahan personil atau unit propaganda.

“Tidak banyak pejabat yang bisa disebutkan secara terbuka dalam artikel KCNA,” kata profesor di Universitas Studi Korea Utara di Soul, Yang Moo-Jin.

Meski demikian, Pengamat Korea Utara berspekulasi bahwa Kim Yo-Jong sedang dipersiapkan untuk memiliki peran seperti Kim Kyong Hui, bibinya.

Kim Kyong Hui adalah seorang penasehat Kim Jong-Il selama puluhan tahun. Ia juga sempat menjadi penasehat Kim Jong-Un. Namun peran dia kemudian berakhir setelah suaminya, Jang Song-Thaek dieksekusi Desember, dengan tuduhan hendak melakukan kudeta.

Yang Moo-Jin mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apakah Kim Yo-Jong akan dapat memperoleh tingkat yang sama kekuasaan dan pengaruh sebagai bibinya. “Sulit untuk mengukur di mana dia berdiri secara keseluruhan. Apakah dia cukup berpengaruh untuk berkomunikasi dengan petinggi partai? Atau dia hanya bekerja di operasi propaganda?” kata Yang.

Seperti diketahui, keluarga Kim telah menerapkan pemerintahan secara tertutup selama lebih dari enam dekade. Mereka berhasil mempertahankan kekuasaannya karena selalu menggunakan tangan besi. Yang tak setuju bukan saja disingkirkan, tapi dilenyapkan nyawanya.

PBB belum lama ini mengutuk perlakuan Kim kepada lawan-lawan politiknya. Selain menganggap telah melanggar HAM, PBB merekomendasikan bahwa kepemimpinan Kim Jong-Un untuk dibawa ke Pengadilan Pidana Internasional. Sikap PBB itu memperoleh reaksi keras dari orang-orang dekat sekitar Kim Jong Un.

Kemunculan Kim Yo-Jong sendiri makin menguatkan spekulasi bahwa sang kakak yang kerap sakit, membutuhkan dukungan politik. Selain Kim Yo-Jong, istri Kim Jong-Un, Ri Sol Ju, juga pernah muncul di publik. Ia dianggap berhasil menangani kementerian industri ringan. Namun sejak September 2013, sang istri tak pernah muncul lagi.

Selain Kim Yo Jong, Kim Jong Un memiliki satu saudara kandung lagi, yakni Kim Jong Chui dan beberapa saudara tiri..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s