Tren Kejahatan Mengganas di Depok, Mana Trennya?


rampok1

rampok2

Ini Linknya: Perampokan Toko Material di Bojongsari, Depok

Tren peningkatan kejahatan menjelang Natal dan pergantian Tahun 2014/2015 memang patut diduga akan terjadi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada masa seperti ini banyak orang membutuhkan uang cukup banyak. Ironinya tak semua orang bisa mendapatkan tambahan uang dengan cara yang benar.

Tentu saya tak bermaksud membenarkan kejahatan untuk mendapatkan uang dalam rangka merayakan hari raya kaum nasrani dan pergantian tahun itu. Namun faktanya memang selalu begitu, masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan setiap memasuki hari-hari dua event tahunan itu.

Masalahnya, tren kejahahan mengganas itu tak ditemui dalam berita yang dilansir metrotvnews. Yang ada hanyalah sebuah perampokan di sebuah yang terletak di Jalan Raya Ciputat, Parung, Minggu (14/12). Perampok melukai dua petugas satpam dan menggasak sejumlah barang, termasuk mobil di toko itu.

Namun dengan penuh percaya diri, editor berita ini membuat lead: tren kejahatan menjelang Natal dan Tahun Baru semakin meningkat. Padahal jika ditelusuri tak ada berita lain kecuali berita perampokan di lokasi itu. Padahal yang namanya tren itu adalah kecenderungan, semacam grafik yang terdiri dari data-data. Apakah grafik tersebut memiliki kecenderungan naik atau turun. Nah, tren yang dimaksud judul berita di atas sama sekali tak ada.

Banyak memang berita online dan bahkan cetak membuat berita semacam ini. Tapi biasanya dimuat sama koran kuning atau situs abal-abal. Apakah metronews masuk kategori itu? mestinya tidak bukan.

Satu lagi tentang pencatuman foto ilustrasu para perampok tertangkap. Rasanya patut dipertanyakan apakah itu benar-benar perampok atau pelaku tawuran. Sebab senjata yang disajikan kebanyakan adalah parang atau pedang. Padahal senjata perampok tradisional biasanya pisau, linggis untuk mencungkil, termasuk clurit.

Tapi apa pun,  saya setuju kita harus bertambah waspada setiap menjelang pergantian tahun. Bukan hanya di jalanan, tapi juga di rumah.

* Selamat Hari Senin, Selamat Beraktivitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s