Mungkinkan Pengganti Kapolri Jendral Sutarman Selain Komjen Budi Gunawan?


budi

Komjen Budi Gunawan – wikipedia

Meski Presiden Joko Widodo belum menegaskan akan mengganti Kapolri, namun isu pergantian Kapolri di awal tahun ini terus menguat. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) juga sudah menyiapkan nama calon Kapolri  pengganti  Jenderal Polisi Sutarman untuk direkomendasikan kepada Jokowi.

Komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan, Senin (5/1) mengatakan hingga kini belum ada permintaan rekomendasi dari presiden. “Pemilihan Kapolri adalah hak Presiden yang disetujui DPR, kalau kami diminta rekomendasi, kami akan sampaikan,” ujarnya.

Menurutnya, Kompolnas menilai ada satu nama yang dinilai cocok untuk disampaikan kepada Presiden. Namun ia enggan menyebutnya. Ia hanya mengatakan nama petinggi Polri itu tidak jauh dari nama-nama yang sudah beredar di pemberitaan.

Adapun yang beredar di masyarakat adalah bahwa calon Kapolri pengganti Sutarman akan berasal dari Akpol 83. Satu-satunya polisi berpangkat Komjen dari angkatan 83 adalah Kalemdikpol Komjen Pol Budi Gunawan.

Kenapa angkatan 83?  Hal itu diduga karena KSAL  Laksamana Madya Ade Supandi dan KSAU Marsekal Madya Agus Supriatna yang baru saja dilantik Jokowi merupakan angkatan 83 di masing-masing kesatuannya. Selain itu, Komjen Budi adalah mantan ajudan Presiden Megawati Soekarno Putri.

Memang Komjen Budi sempat dianggap sebagai bagian polisi yang memiliki rekening gendut. Namun peta politik tampaknya membuat angin kian kencang mengarah kepadanya. Apalagi Budi dianggap polisi pintar, terbaik dalam angkatannya. Dia penerima Adi Makayasa sebagai lulusan terbaik.

Angkatan 83 dengan demikian menggantikan gerbong angkatan 81 yang sebelumnya dijabat mantan KSAL  Laksamana TNI Marsetio, mantan KSAU Marsekal Ida Bagus Putu Dunia dan Kapolri Jendral Sutarman.

Selain Budi Gunawan, calon Kapolri berpangkat Komjen yang berpeluang menggantikan Sutarman adalah Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti (Akpol 82),  Irwasum Komjen Pol Dwi Priyatno (Akpol 82), Kabaharkam Komjen Pol Putut Bayu Seno (Akpol 84) dan Kabareskrim Komjen Pol Suhardi Alius (Akpol 85).

Masa bakti Jenderal Sutarman sebagai Kapolri akan berakhir pada 31 Oktober 2015.Kompolnas melihat sejauh ini tidak ada alasan mengganti Sutarman sebelum masa pensiunnya tiba.

Tapi adakah kemungkinan pengganti Sutarman bukan Budi Gunawan? Tentu saja ada. Apalagi Sutarman sendiri belum mengajukan nama-nama kepada presiden Jokowi. Jadi, mari kita tunggu adakah yang bisa menghalangi karir Budi Gunawan.

LULUSAN AKPOL 83 DENGAN POSISI TERBAIK

Kalemdiklat Polri Komjen Budi Gunawan (55 tahun)

Kepala BNN Komjen Anang Iskandar (56 tahun)

Kapolka Sulselbar Irjen Anton Setiaji (56 tahun)

One thought on “Mungkinkan Pengganti Kapolri Jendral Sutarman Selain Komjen Budi Gunawan?

  1. Pingback: “Mari Kritisi Komjen Budi Gunawan” | FIKSIKULO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s