Boko Haram Bantai 2.500 Orang, Hancurkan 3.700 Bangunan


bokoharam

Pembakaran yang dilakukan Boko Haram di Nigeria (AFP/daily mail)

Pembantaian 2.500 orang hingga tewas dan penghancuran sekitar 3.700 bangunan oleh kelompok militan Boko Haram di Nigeria pekan lalu kian terungkap. Aksi pembantaian di Kota Baga dan Doron Baga dianggap paling besar dan merusak dalam sejarah kekerasan di Benua Afrika.

Melalui citra satelit plus pengakuan warga yang selamat dari aksi pembantaian Boko Haram, membuktikan bagaimana sadisnya kelompok pejuang Islam ekstrem itu. Salah satu kota yakni Baga bahkan diiibaratkan hampir terhapus dalam peta dunia saking rusaknya.

Gambar satelit menggunakan infra merah sebelum penyerangan tanggal 2 Januari 2015 dan gambar sesudah penyerangan 7 Januari 2015 sangat berbeda kontras. Perbedaan itu ditunjukkan karena saking banyaknya bangunan yang dibakar dan dirobohkan. Gambar itu sekaligus membuktikan bahwa kekejaman kelompok jihad yang berdiri sejak tahun 2002 itu bukan basa-basi.

Ibrahim Gambo (25 tahun), seorang sopir truk yang selamat dari serangan tanpa henti di Baga, mengaku terpaksa menyelamatkan diri sendiri dari pada dibantai anggota kelompok Boko Haram. Ia pun tak tahu bagaimana nasib anak-istrinya yang tak sempat kabur dari kepungan para penjahat.

“Ketika kami sedang berlari untuk hidup kita, kita menemukan banyak mayat, baik pria maupun wanita, dan bahkan anak-anak. Beberapa dari mereka mengalami luka tembak di kepala, beberapa korban terikat kaki dan tangan di belakang punggung,” ungkapnya.

Pengakuan juga disampaikan petani tua, Yahaya Takakumi (55 tahun). Kepada Nigeria Premium Times, ia mengaku berhasil melarikan diri bersama salah satu istrinya. Ia tak tahu apakah empat anaknya, istri kedua dan kakaknya berhasil melarikan diri. “Kami melihat banyak mayat, terutama di pulau Danau Chad di mana nelayan telah menetap. Beberapa orang tewas di sana seperti serangga, ” ucapnya.

Mr Takakumi mengatakan ekstrimis Islam itu bahkan menembaki kapal yang membawa warga melarikan diri di seberang danau.

Menurut anggota Amnesty International, Daniel Eyre, menyebut apa yang dilakukan Boko Haram pekan lalu merupakan kekerasan paling besar dan merusak. “Semua dibakar oleh mereka. Bukan hanya rumah warga, tapi juga klinik kesehatan dan sekolah,” ungkap Eyre.

Hingga kini, Baga masih terisolasi. Tentara Nigeria sudah terlebih dahulu diusir dari kota itu. Warga yang mengungsi tak bisa kembali kerumahnya. Mayat-mayat mungkin tak ada yang menguburkan. Secara umum, warga Nigeria sudah apatis Presiden Goodluck Jonathan bisa mengatasi kelompok Boko Haram.

FAKTA-FAKTA TENTANG BOKO HARAM
1. Nama rasminya adalah Jama’atu Ahlis Sunna Lidda’awati wal-Jihad (Gerakan Dakwah Ahli Sunnah dan Jihad), namun diberi nama Boko Haram atau ‘Haramkan Pendidikan Barat’ dalam bahasa setempat.

2. Sebanyak 10.000 orang diperkirakan tewas dalam kekerasan terkait Boko Haram sepanjang periode 2002-2013.

3. Menurut Human Right Watch, Boko Haram selama periode 2009-2012 bertanggung jawab atas 900 pembunuhan melalui berbagai insiden kekerasan.

4. Boko Haram menganggap keterlibatan Muslim dalam partai politik atau kegiatan sosial yang memiliki korelasi dengan organisasi Barat sebagai sesuatu yang ilegal. Itu termasuk pemilu, memakai kemeja dan celana panjang atau menerima pendidikan sekuler.

5. Mohamed Yusuf mendirikan Boko Haram di Maiduguri pada 2002. Dia mendirikan kompleks agama termasuk masjid dan sekolah agama yang dijadikan pusat perekrutan anggota baru.

6. Pada tahun 2009, Boko Haram meluncurkan serangan terhadap gedung pemerintah dan kantor polisi setelah operasi besar-besaran yang diluncurkan pasukan keamanan untuk memberantas kelompok itu sehingga Mohamed Yusuf ditangkap sebelum akhirnya meninggal dalam tahanan.

7. Boko Haram tidak mengakui pemerintah Nigeria. Mereka menginginkan Nigeria menjadi negara Islam.

8. Laporan Amerika Serikat pada 2011 menyebut Boko Haram adalah ancaman terbaru yang semakin merajalela dan dilaporkan memiliki hubungan dengan Al Qaidah di Afrika .

9. Boko Haram terkenal dengan gaya serangan menggunakan penyerang bermotor untuk membunuh anggota polisi, politisi, ulama atau siapapun yang mengecam kelompok tersebut.

10. Sejak 2011, Nigeria dilaporkan bekerjasama dengan AS dan CIA untuk menghentikan Boko Haram. Namun, kelompok itu terus memicu kekerasan dan bertindak kejam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s