Teror “Paris II” Dialami Belgia


belgia

Dua polisi Belgia berjaga-jaga di markas teroris.

Setelah Perancis giliran Belgia yang menerima ancaman teroris. Teror di Kota Verviers memang tak ada kaitannya dengan Perancis, namun dikhawatirkan terilhami teror di Paris yang menewaskan 17 orang itu.

Tak ada warga Belgia yang menjadi korban dalam aksi teror Paris II itu. Sebaliknya polisi Belgia berhasil menembak mati dua pelaku teror dan menangkap tiga pelaku lainnya. Tak disebutkan identitas para teroris tersebut, namun diduga ada kaitan dengan ISIS.

Apalagi sehari sebelumnya, muncul video bahwa para anggota ISIS akan menyerang negara-negara Eropa dan membunuh semua warga yang dianggap kafir.

Jaksa Eric Van Der Sypt mengatakan bahwa pemerintah memang tengah waspada terhadap aksi teroris setelah kasus penyerangan di Paris. Sasaran mereka adalah jihadis Belgia yang baru kembali dari Suriah. Diduga sebanyak 300 warga Belgia kini bergabung dengan ISIS.

Nah di Verviers, sebuah kota di provinsi Liege, dekat perbatasan Jerman, polisi memperoleh info adanya beberapa anggota ISIS tengah merencanakan penyerangan kantor polisi. Penyergapan yang dilakukan polisi terbukti mendapat perlawanan. Baku tembak tak terhindarkan. Tiga ledakan pun terdengar.

“Kami akan kembali dari berbelanja dan melihat mobil polisi. Kami pikir ada kecelakaan saat terdengar ledakan. Tapi ada juga banyak tembakan. Anak saya sempat ketakutan,” kata Marylou Fletcher, seorang saksi mata kepada BBC.

Setelah aksi itu polisi berhasil menyita empat senjata jenis Kalashnikov, peralatan pembuat bom dan pakaian polisi. Aksi penggerebakan teroris juga dilakukan polisi di Sint-Jans-Molenbeek, Anderlecht dan Schaerbeek. Sebelumnya dalam aksi penyergapan di pinggran Brussels, polisi berhasil mengamankan dua orang yang diduga teroris.

Setelah peristiwa itu, pemerintah Belgia menaikan level kewaspadaan negara menjadi tiga, sebuah level tertinggi kedua di negara itu. “Operasi keamanan menunjukkan tekad pemerintah untuk memerangi orang-orang yang ingin menyebarkan teror”, kata Perdana Menteri Belgia Charles Michel melalui juru bicaranya.

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan bahwa peristiwa munculnya peristiwa teror di Belgia, menyusul Perancis, merupakan indikasi bahwa ancaman para teroris menyerang Eropa bukan isapan jempol.

“Kami harus tetap sangat waspada, kita harus mengambil semua langkah yang kami bisa lakukan untuk mengalahkan “kejahatan” ini,” kata Cameron sebelum mengadakan pembicaraan dengan Presiden AS, Barack Obama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s