Tetap Waspada Meski Diprediksi Takkan Terjadi Banjir Besar di Jakarta


banjir2

Banjir di Kelapa Gading, Jumat (23/1) – foto @fromridwan

Prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa banjir di Jakarta akan terjadi akhir Januari terbukti. Hujan yang mengguyur seharian mulai Kamis (22/1) telah menimbulkan genangan di sejumlah tempat. Jumat (23/1) menjadi lebih parah.

Laporan dari media sosial menunjukkan bahwa salah satu lokasi banjir parah ada di Kelapa Gading. Salah satu kawasan elit di Jakarta ini memang menjadi langganan banjir hampir setiap tahun. Banjir membuat lalu lintas di kawasan itu tersendat, mobilitas warga pun terganggu.

@MTyanto: #Banjir 30-50cm, Jl. Kelapa Hybrida (pintu 3), Kelapa Gading, Jakut. Pukul 09.38 ‏@RadioElshinta pun meretweetnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jakarta @BPBDJakarta pukul 09.28 juga meretweet @BACHDIMABEL: #Banjir dpn Mall Kelapa Gading #Jkt, motor sebaiknya jgn memaksa lewat.

Menurut Data BPBD, sedikitnya ada 93 titik yang rawan tergenang air dengan ketinggian 10-100 cm. Adapun 93 titik genangan itu berada di enam kecamatan yang ada di Jakarta Utara. Rinciannya, Kecamatan Koja sebanyak 4 lokasi, Pademangan 6 lokasi, Kelapa Gading 10 lokasi, Penjaringan 15 lokasi, Tanjung Priok 27 lokasi dan Cilincing 21 lokasi

Memang sedikit melegakan bahwa secara umum, berdasarkan prediksi BMKG, intensitas hujan saat puncak musim penghujan tahun 2015 akan berada pada posisi normal hingga di bawahnya. “Artinya akan sama dengan tahun lalu atau berada di bawahnya,” kata Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem BMKG Muhammad Fadli di Jakarta, Senin (12/1).

banjir17jan2014

banjir 17 Januari 2014 (viva.co.id)

Pada puncak musim penghujan tahun ini, intensitas hujan akan berada pada kisaran sedang hingga lebat dengan kelembaban 20 mm hingga diatas 50 mm per hari atau berada dibawahnya. Dengan kondisi cuaca seperti itu, katanya, diprediksi banjir yang kerapkali melanda Ibu Kota dan kota-kota lain di Indonesia ada kemungkinan sama atau lebih ringan dari tahun sebelumnya.

Tahun 2014 lalu, banjir di Kepala Gading sudah dimulai sejak tanggal 17 Januari atau lebih awal dibanding tahun ini. Kondisi itu berlangsung hingga beberapa hari. Melihat prediksi hujan Sabtu (24/1) yang masih akan terjadi hujan seharian, Kelaga Gading dan Jakarta sekitarnya pun diprediksi masih akan terjadi genangan.

Artinya, meski prediksi takkan terjadi hujan deras, banjir tetaplah banjir. Tak ada yang menyukainya. Namun tatkala fenomeda itu sulit dicegah, waspada adalah cara paling efektif untuk menghadapinya.

bmkg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s