Pesawat Flydubai Ditembaki Kelompok Militan ISIS?


Flydubai-plane-422236

Pesawat Plydubai (ilustrasi)

Dua penumpang, salah satunya seorang gadis muda, dilaporkan terluka karena pesawat Flydubai yang mereka tumpangi ditembaki orang tak dikenal saat mendarat di Bandara Internasional Baghdad, Irak, Senin (26/1).

Seorang pejabat penerbangan dan seorang pejabat keamanan kepada reuters menyebut bahwa ada sekitar tiga hingga empat tembakan yang mengenai badan pesawat. Dua penumpang mengalami luka ringan. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui siapa yang melakukan penembahan.

Sementara itu sumber Daily Star menduga, tembakan terhadap pesawat FZ215 itu berasal sekitar landasan pacu di mana pesawat mendarat. ISIS adalah kelompok militan yang mengendalikan sebagian wilayah Irak, namun mereka belum mengaku bertanggung jawab atas penembakan itu.

“Setelah mendarat kerusakan pada pesawat tak terlalu parah. Itu hanya tembakan senjata kecil,” kata seorang juru bicara Flydubai. Meski demikian, penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui siapa pelaku dan apa motifnya.

Meski hanya senjata kecil, maskapai penerbangan raksasa Emirates dan Etihad dan langsung memutuskan untuk meunda seluruh penerbangan ke ibukota Irak itu ada pemberitahuan lebih lanjut. Fludubai sendiri merupakan anak perusahaan Emirates Airways sehingga otomatis melakukan hal serupa.  “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.” Demikian pernyataan Emirates, salah satu perusahaan penerbangan terbesar di dunia.

Belakangan maskapai penerbangan seperti Sharjah Udara Saudi, Turkish Airlines dan Royal Jordanian, juga melakukan hal serupa. Mereka tak mau berspekulasi mendarat di Baghdad sebelum ada jaminan keamanan dari pihak yang berwenang.

“Waktu yang tepat untuk penerbangan (ke Baghdad) belum jelas. Direktur operasi kami saat ini mengadakan pertemuan, “kata seorang pejabat Turkish Airlines di Ankara.

Kekhawatiran penerbangan komersial terbang ke daerah konflik kini kian serius. Kasus penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 saat melintas dilangit Ukrania menjadi contoh yang mengerikan. Pesawat tersebut sedang membawa 298 orang penumpang, semuanya dilaporkan tewas.

Hampir semua maskapai penerbangan Eropa telah mengambil tindakan pencegahan ekstra dalam beberapa bulan terakhir jika harus terbang ke Irak atau melewati negara itu. Bandara Internasional Baghdad terletak di sebelah barat, dekat provinsi Anbar, yang sebagian besar dikuasai para pejuang ISIS.

Meski pemerintah Irak menyatakan aman, beberapa penerbangan tujuan Baghdad sempat dialihkan menyusul kekhawatiran akan adanya ancaman penembakan dari militan ISIS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s