Tak Semua Anggota Watimpres Dukung Pelantikan BG


watim

Presiden Jokowi Saat melantik Anggota Watimpres (Jawa Pos)

Berita pagi ini, sebetulnya berita kemarin, ada yang menarik terkait kisruh KPK vs Polri. Khususnya menyangkut Komjen Budi Gunawan (BG), Kapolri yang pelantikannya tertunda. Ketua tim independen (Tim Sembilan) Syafii Maarif mengungkapkan bahwa mereka kompak mengusulkan agar BG mundur sebagai calon kapolri atau Jokowi membatalkan pelantikannya.

Nah, pandangan berbeda kabarnya disampaikan anggota Watimpres yang juga berjumlah sembilan orang. Menurut Syafii, hanya tiga orang anggota Watimpres yang mendesak Jokowi agar segera melantik BG. Hanya ia tak mau menyebutkannya. Tapi siapa dia?.

“Saya ndak tahu apa yang terjadi, apalagi di sana tidak satu suara. Ada yang (minta Budi) dilantik, ada yang nggak mau. Ada katanya tiga orang yang mau BG dilantik,” kata Syafii seusai pertemuan dengan Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/1).

Hari itu selain tim Indipenden, Presiden Jokowi meminta pertimbangan dari Wantimpres soal kisruh antara KPK dan Polri. Hadir Ketua Wantimpres Sri Adiningsih dan anggotanya, yakni Rusdi Kirana, Suharso Monoarfa, Hasyim Muzadi, dan Subagyo HS.

Sri tidak mau mengungkap rekomendasi apa yang diberikan Wantimpres kepada Presiden. Dia mengatakan, semua saran bersifat rahasia dan hanya bisa disampaikan langsung ke Presiden.

Dari sembilan anggota Wantimpres, enam di antaranya dari unsur parpol. Mereka adalah Subagyo HS (Partai Hanura), Sidarto Danusubroto (PDI-P), Rusdi Kirana (PKB), Suharso Monoarfa (PPP), M Yusuf Kartanegara (PKPI), dan Jan Darmadi (Partai Nasdem).

Sebelumnya kalangan parpol, termasuk parpol Koalisi Indonesia Hebat, mendesak agar Jokowi segera melantik Budi Gunawan sebagai kepala Polri.

Jadi siapa diantara enam anggota Watimpres yang mendesak Jokowi segera melantik BG menjadi teka-teki menarik. Artinya, tidak semua anggota Watimpres ternyata satu suara dengan parpolnya. Dan menebak siapa yang menolak dan siapa mendukung tentunya tidak mudah.

Jika misalnya mengurut nama Megawati (PDIP) dan Surya Paloh (Nasdem) sebagai ketua parpol yang ngotot mendukung BG, maka Sidarto Danusubroto, Jan Darmadi, menjadi dua anggota Watimpres yang patut diduga mengikuti suara ketua partainya.

Lalu siapa satu lagi? Bisa jadi diantara M Yusuf Kartanegara, Rusdi Kirana, Subagyo Hadi Siswoyo dan Suharso Monoarfa. Tapi bisa juga Sri Adiningsih sendiri karena meski bukan orang parpol, Sri dikabarkan menjadi nama yang diajukan Megawati.

Namun bisa jadi apa yang disampaikan Syafii Maarif berbeda dengan apa yang disampaikan Watimpres. Mereka pasti akan merahasiakan usulannya, selain karena begitu memang keharusannya, jika terang-terangan akan ketahuan oleh partainya masing-masing. Dan tentu akan menjadi masalah sendiri bagi para anggota Watimpres.

ANGGOTA WATIMPRES
1 Sri Adiningsih
2 Abdul Malik Fajar
3 Hasyim Muzadi
4 Jan Darmadi
5 M Yusuf Kartanegara
6 Rusdi Kirana
7 Sidarto Danusubroto
8 Subagyo Hadi Siswoyo
9 Suharso Monoarfa.

ANGGOTA TIM SEMBILAN
1. Syafi’i Ma’arif (ketua)
2. Jimly Asshiddiqqie (wakil)
3. Hikmahanto Juwana (sekretaris)
4. Erry Riyana Hardjapamekas
5. Tumpak Hatorangan Panggabean
6. Komjen (purn) Oegroseno
7. Jenderal (purn) Sutanto
8. Bambang Widodo Umar
9. Imam Prasodjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s