Semua Tertuju pada Hakim Sarpin Rizaldi


sarpinApapun keputusannya Hari Senin 16 Februari 2014 akan menjadi hari penting. Semua mata dan telinga hampir sebagian besar rakyat Indonesia, bahkan warga dunia, akan tertuju pada Hakim tunggal Sarpin Rizaldi.

Nih Hasilnya. (Gugatan yang diterima dan ditolak hakim Sarpin)

Setelah hampir dua pekan memimpin siding Pra Peradilan kasus Budi Gunawan (BG), Hakim Sarpin telah mendengar pemamparan pihak penggugat yakni pengacara BG dan pihak tergugat yakni KPK. Tanpa ada sidang Pra Peradilan pun sesungguhnya Sarpin sudah mengetahui mana yang benar dan mana yang salah dalam kasus itu.

Naah, dalam dua pekan persidangan ia akan bertambah yakin, mana yang sesuai fakta dan mana yang hanya mengarang semata. Sebagai catatan, keputusan Sarpin akan menjadi rujukan banyak pihak. Terutama jika ia menerima sidang pra peradilan dan memenangkan BG, maka banyak orang yang ikut-ikutan mengajukan gugatan pra peradilan saat menjadi tersangka.

Semula banyak yang meragukan kredibilitasnya. Ini karena ada delapan pelaporan terhadap dirinya. Hakim yang pernah ikut mengadili kasus kematian artis Alda Risma itu juga pernah membebaskan seorang tersangka korupsi dalam kariernya.

Namun belakangan keraguan itu mencoba ditepis. Sikap yang membenarkan posisi Bambang Widjoyanto tetap sebagai Wakil Ketua KPK menjadi angin tambahan bahwa Hakim Sarpin masih bisa diharapkan kredibilitasnya.

Komisi Yudisial yang tadinya ikut mengungkap kredibilitas Sarpin, belakangan mendukungnya. Bahkan ikut melindungi dari kemungkinan adanya terror dari pihak-pihak yang berperkara. Sarpin sendiri berkata tenang. Tak ada yang menerornya karena ia dilindungi oleh Tuhan.

KRONOLOGI SIDANG PRA PERADILAN KASUS BUDI GUNAWAN
* SENIN, 2/2: Sidang ditunda karena pihak KPK tidak datang. KPK berasal tak datang karena pihak BG ubah pasal gugatan
* SENIN, 9/2: Sidang kembali digelar. Hakim Sarpin Rizaldi beri waktu dua hari untuk kubu BG tunjukkan bukti dan saksi, dan dua hari kubu KPK berikan bukti.
* SELASA, 10/2: Kuasa hukum BG putar rekaman jumpa pers penetapan BG, hadirkan saksi fakta dan keterangan PLT PDIP Hasto Krustiyanto terkait penatapan BG tersangka sebagai balas dendam Abraham Samad.
* RABU, 11/2: Kuasa hukum BG kembali putar ulang video rekaman penetepan BG sebagai tersangka plus pengajuan para saksi ahli. Yakni Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung, I Gede Panca Hastawa; pakar hukum tata negara Universitas Khairun Ternate Margarito Kamis, pengajar Universitas Muhammadiyah Jakarta Chaeul Huda dan Guru Besar Hukum Universitas Padjajaran Romli Atmasasmita.
* KAMIS 12/2: KPK Hadirkan seorang saksi fakta bernama Ibnu C Purba. Ia bekerja di KPK sejak tahun 2005. Diduga dua saksi lainnya tak hadir karena ada yang meneror.
* Jumat 13/2: KPK hadirkan saksi ahli yakni Guru Besar Universitas Parahyangan (Unpar), Junaedi, Pakar Hukum Pidana Universitas Indonesia (UI), dan Pakar hukum tata negara Universitas Gadjah Mada, Zainal Arifin Mochtar.

JEJAK JABATAN HAKIM SARPIN RIZALDI
* Hakim di Pengadilan Negeri Jaksel
* Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi
* Ketua Pengadilan Negeri Binjai.
* Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Timur
* 2009 Tangani kasus pembunuhan artis Alda Risma
* Dua kali melaporkan kekayaan ke LHKPN
* Tahun 2002 sebesar Rp 739.837.870
* Tahun 2009 sebesar Rp 1.279.866.843.

KASUS KONTROVERSIAL
1. Tahun 2008: Diperiksa Pengadilan Tinggi DKI Jakarta bersama Jalili Sairin, dan Firdaua dalam perkara kasus narkoba dengan terdakwa Raja Donald Sitorus di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Vonis dianggap janggal, lantaran terdakwa dengan barang bukti 180 gram hanya divonis 5 tahun penjara atau setengah dari tuntutan jaksa yaitu 10 tahun.
2. Tahun 2008: pernah diperiksa dalam kasus sita jaminan perkara perdata Hamid Djiman terkait pembebasan lahan proyek jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).
3. Tahun 2009: pernah membebaskan terdakwa korupsi di PN Jaktim. Dia membebaskan M Iwan selaku Camat Ciracas dalam kasus dugaan korupsi Rp 17,9 miliar. Padahal, Jaksa menuntut 7 tahun penjara kepada terdakwa.
4. Tahun 2014 Sarpin juga pernah dilaporkan ke KY mengenai putusannya dalam perkara sengketa paten ’Boiler 320 Derajat Celcius’ milik PT Super Andalas Steel (SAS). Saat itu ia menjabat ketua Majelis Hakim dan diduga menerima suap.

One thought on “Semua Tertuju pada Hakim Sarpin Rizaldi

  1. Pingback: Ini Gugatan Pra Peradilan yang Diterima dan Ditolak Hakim Sarpin | FIKSIKULO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s