Waduh, Tiga Siswi Pintar Inggris Terbang via Turki untuk Bergabung dengan ISIS


schoolgirls21n-1-web

Tiga Siswi Inggris yang diduga hendak bergabung dengan ISIS terekam kamera di Bandara Gatwick, Inggris (dok Metropolitan Police)

Inggris dan sejumlah media barat heboh. Tiga siswi pintar, dengan nilai rata-rata A di sekolahnya diduga melakukan perjalanan ke Suriah melalui Turki untuk bergabung dengan ISIS. Polisi Inggris berharap ketiganya masih di Turki karena jika sudah bergabung dengan ISIS akan susah dipulangkan.

Tiga remaja putrid tersebut masing-masing bernama Shamima Begum (15 tahun), Kadiza Sultana (16 tahun), dan seorang gadis berusia 15 tahun yang namanya masih dirahasiakan. Kabarnya mereka keluar dari Inggris melalui bandara Gatwick, di luar London, Selasa (17/2) setelah berbohong kepada orang tua mereka tentang rencana hari ini.

Melalui rekaman di bandara terlihat, ketiga gadis-gadis itu berpergian melalui keamanan bandara. Komandan Anti Teror Inggris, Richard Walton mengaku khawatir ketiganya bergabung dengan kelompok radikal ISIS. Ini karena ketiganya berteman dengan seorang gadis berusia 15 tahun yang telah terlebih dahulu bergabung dengan ISIS di Suriah.

“Begum menggunakan paspor kakaknya, Aklima Begum (17 tahun), dan mungkin terus melakukan perjalanan dengan nama itu,” kata Walton.

Walton mengatakan polisi “sangat prihatin atas keselamatan gadis-gadis muda” itu. Keluarga mereka tentu sangat waswas karena perilaku brutal ISIS belakangan dianggap kian menjadi-jadi.

“Kami berusaha memberi tahu mereka menggunakan media Turki dan media sosial dengan harapan Shamima, Kadiza dan teman satu lagi menerima pesan kami.

Melihat usianya, gadis-gadis itu tentu masih memiliki waktu yang jauh lebih mudah untuk kembali dari Turki. Masalahnya jika sudah bergabung dengan ISIS, gadis-gadis itu akan kesulitan memperoleh pilihan.

Watson pun berharap keamanan Turki jeli melihat gadis-gadis muda yang akan berpergian dan mencegahnya.

Sebagai contoh, pada bulan Oktober 2014 lalu, tiga gadis remaja Colorado ditahan di Jerman setelah pihak berwenang federal mengatakan mereka sedang dalam perjalanan ke Suriah untuk bergabung teroris.

Beberapa bulan sebelumnya, Shannon Conley (19 tahun) tertahan di Denver Airport dalam perjalanan ke Suriah untuk menikah seorang pejuang ISIS. Mereka bertemu secara online.

Begum, Sultana dan gadis ketiga semua memakai kacamata berbingkai tebal hitam. Polisi meminta siapapun yang memperoleh informasi tentang trio untuk mengontak polisi via hotline Anti-Teroris di 0800-789-321.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s