Popularitas Budi Waseso Nyaris Setara Budi Gunawan


BUDI

Budi Waseso saat dilantik menjadi Kabareskrim dengan pangkat Komjen. (Merdeka.com)

Komjen Budi Waseso (Buwas) kini memang terkenal. Jumlah pencarian nama Budi Waseso di mesin pencari Google bahkan menempatkan dirinya hampir setara dengan Komjen Budi Gunawan, mantan atasannya langsung.

Di Wikipedia, nama Budi Waseso pun kini mulai dipublikasikan. Meski masih tak selengkap para perwira polisi berpangkat Komjen seperti atasasannya, Komjen Badrodin Haiti, Irwasum Komjen Dwi Prayitno dan Kabarhankam Komjen Putut Eko Bayuseno, apalagi jika dibanding dengan Sekretaris Utama Lemhanas Suhardi Alius.

Kurang populernya Buwas disebabkan karena ia tak pernah memegang jabatan elit, misalnya, Kapolda tipe A dengan pangkat Irjen. Ada unsur keberuntungan dengan kenaikan pangkat Buwas menjadi Kabareskrim yakni terkait kasus Budi Gunawan yang menjadi calon tunggal Kapolri yang batal dilantik. Buwas kemudian dipilih menjadi Kabareskrim karena kedekatannya dengan Budi Gunawan.

“Dulu saya tidak dikenal. Tapi di saat sekarang jadi Kabareskrim, saya di media disebut Buwas, apa karena saya selalu bikin was-was?” kata Budi Waseso memberi pengakuan. Pengakuan itu ia sampaikan saat memberi sambutan dalam pertemuan dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) dan beberapa alumni dari perguruan tinggi lain seperti ITB, UGM dan Unsrat.

Buwas tidak mempermasalahkan sebutan dirinya itu. Ia justru bersyukur dan berseloroh, karena setelah dirinya menjadi Kabareskrim, kini banyak dikenal masyarakat dan sering masuk layar kaca.

“Sekarang semua nulis saya, alhamdulillah jadi bintang film, jadi terkenal. Dan foto saya itu banyak di kampung saya karena masuk TV, bukan karena saya Kabareskrim, tetapi karena sering masuk televisi,” kata pria asal Pati, Jateng ini, seperti dikutip Detik.com.

Namun justru dari bukan siapa-siapa, kini menjadi penentu siapa-siapa (jadi tersangka), banyak orang yang ingin mengetahui latar belakangnya. Di mesin pencari Google, Buwas pun kini hampir setara namanya dengan Budi Gunawan.

Jika mengetik nama Budi Gunawan maka keluar sekitar 141 hasil dalam 0,20 detik. Nama Budi Waseso akan menunjukan hasil 124.000 per 0,21 detik. Bandingkan dengan Bambang Widjojanto yang menunjukkan 117 hasil dalam 0,24 detik. Atau Abraham Samad yang hanya 92.900 per 0,23 detik. Pimpinan sementara KPK Indriyanto Seno Adji kini juga mencuat dalam pencarian google. Diduga ini karena kontroversi perannya yang kerap membela tersangka korupsi namun kini berada di lembaga antikorupsi.

buwassSaat kita mengetik nama Budi pun akan muncul Budi Waseso diantara nama Budi Gunawan. Ke depan, nama Budi Waseso pun bisa jadi akan melebihi popularitas Budi Gunawan dengan jabatan strategisnya sekarang.

TINGKAT “POPULARITAS” VERSI GOOLE

Budi Gunawan – Sekitar 141.000 hasil (0,20 detik)
Budi Waseso – Sekitar 124.000 hasil (0,21 detik)
Bambang Widjoyanto – Sekitar 117.000 hasil (0,24 detik)
Abraham Samad – Sekitar 92.900 hasil (0,23 detik)
Indriyanto Seno Adji – Sekitar 145.000 hasil (0,33 detik)

JOKOWI TAK TERKALAHKAN DI GOOGLE

Jokowi – Sekitar 383.000 hasil (0,30 detik)
Jusuf Kalla – Sekitar 107.000 hasil (0,28 detik)
Fadly Zon – Sekitar 85.500 hasil (0,36 detik)
Sekitar 52.300 hasil (0,59 detik)

BIODATA BUDI WASESO VERSI WIKIPEDIA

Komjen. Pol. Drs. Budi Waseso, S.H. (lahir Februari 1960) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 16 Januari 2015 mengemban amanat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Budi, lulusan Akademi Kepolisian (1984) ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri.[1] Budi merupakan menantu mantan Kapolda Bali dan Kapolda Jatim Mayjen Pol Pamudji yang terakhir menjabat Deops Kapolri.[2][3]

Riwayat Jabatan

2009: Kepala Bidang Propam Polda Jateng
2010: Kepala Pusat Pengamanan Internal Mabes Polri
2012: Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo
2013: Widyaiswara Utama Sespim Polri
2014: Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri
2015: Kepala Badan Reserse Kriminal Po

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s