Waduh, Netanyahu Beda Data dengan Mossad Soal Nuklir Iran


neta

Foto Netanyahu saat memaparkan bahaya program nuklir Iran tahun 2012 (theguardian)

Pernyataan dramatis Perdana Menteri Israel Binyamin Netanyahu bahwa Iran hampir pasti membuat bom nuklir pada tahun 2012 kini dipertanyakan. Pernyataan tersebut ternyata bertolak belakang dengan dokumen dinas rahasia Israel, Mossad.

Dengan penuh keyakinan saat itu Netanyahu menunjukan gambar grafis bom nulkir dan posisi pencapaian Iran. Ia pun memperingatkan PBB di New York bahwa mereka harus menghentikan perkembangan pembuatan senjata nuklir di Iran karena akan sangat membahayakan.

Menurut Netanyahu, Iran sudah mencapai level 70 persen dalam membangun senjata nuklir. “Itu sudah melewati garis merah. Bom nuklir pertama Teheran akan siap pada musim semi berikutnya,” ujar Netanyahu kala itu.

Namun bocoran data rahasia Mossad menyimpulkan lain. “Tidak melakukan kegiatan yang diperlukan untuk memproduksi senjata nukir”. Untuk membangun sebuah bom nuklir dibutuhkan pengayaan uranium sampai level 90 persen. Nah, Iran baru memiliki 100 kilogram uranium yang diperkaya ke level 20 persen. Iran memang selalu mengatakan sedang mengembangkan program nuklir untuk tujuan energi sipil.

Pekan lalu, kantor Netanyahu, mengulangi klaim bahwa Iran lebih dekat dengan senjata nuklir. Seorang pejabat senior pemerintah Israel menegaskan bahwa tidak ada kontradiksi antara pernyataan Netanyahu dengan cerita yang disebut-sebut bocoran Mossad.

“Israel percaya kesepakatan nuklir yang diusulkan dengan Iran adalah transaksi yang buruk. Itu hanya akan memungkinkan negara teror terkemuka di dunia untuk menciptakan kemampuan membuat bom nuklir,” katanya.
netanyahuSetelah beberapa kali membantah, Iran pun terbuka melakukan perundingan nuklir dengan enam negara kekuatan dunia, yakni Amerika Serikat, Inggris, China, Rusia, Perancis dan Jerman. Perundingan itu belum mencapai titik kesepakatan akhir. Namun batas waktunya Juni 2015.

Netanyahu sendiri berencana berkunjung ke AS pada tanggal 3 Maret 2015 ini diduga untuk menggagalkan kesepakatan nuklir Iran dan lainnya. Namun rencana pertemuan tersebut banyak mendapat kritik mengingat Netanyahu sedang mengikuti pemilu ulang 17 Maret 2015 ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s