Dubes AS untuk Korsel Butuh 80 Jahitan pada Luka di Wajahnya


luka

Luka 11 cm di pipi Mark Lippert (daily mail)

Duta Besar AS untuk Korea Selatan, Mark Lippert (42 tahun), diserang menggunakan pisau oleh seorang aktivis tua yang belakangan diketahui bernama Kim Ki-jong (55 tahun). Serangan itu membuat mantan penasihat Presiden Barack Obama terluka wajahnya.

Tak jelas maksud penyerangan terhadap Lippert. Namun aktivis politik yang pernah dipenjara karena menyerang dubes Jepang beberapa tahun lalu itu membawa pesan hentikan peperangan. Saat ini AS dan Korsel memang tengah menggelar latihan perang, Korea Utara mengaku terganggu dengan mengirimkan rudal sebagai pertanda tak suka dengan latihan perang lebih dari sebulan itu.

Lippert sedang berada di Sejong Hall untuk menyampaikan sebuah pidato saat penyerangan itu dilakukan. Adapun pria tersebut mengenakan pakaian tradisional saat menyerang Lippert seraya meneriakan slogan-slogan tentang reunifikasi Korea dan latihan militer bersama. Setelah penyerangan, Kim langsung ditangkap polisi setempat, wajahnya sempat diinjak saat berhasil dilumpuhkan.

Menurut saksi mata Michael Lammbrau, penyerangan itu diperkirakan tak diduga oleh Lippert. “Tiba-tiba saja orang bergumul di lantai (melumpuhkan Kim). Sedang duta besar hanya terduduk sambil menutupi lukanya. Tak lama kemudian dia (Lippert) berjalan ke mobilnya untuk dibawa ke rumah sakit,” ungkap pria yang bekerja di Thinktank Arirang Institute itu.

Kabar terakhir, luka tusukan di wajah Lippert mencapau 11 cm panjang dan kedalaman 3cm. Butuh 80 jahitan untuk menutup luka wajahnya. “Beruntung luka tidak mempengaruhi saraf atau kelenjar ludah,” kata juru bicara Rumah Sakit Severance Universitas Yonsei, Chung Nam-sik.

Lew Dae-hyun, seorang ahli bedah plastik tersebut menegaskan bahwa Lippert telah lolos memiliki cedera yang lebih serius. “Jika lukanya lebih daro 1-2 sentimeter bisa merusak karotis pada leher bagian atas, yang bisa berubah menjadi situasi darurat yang serius,” katanya. “Itu bisa saja mengancam jiwa.”

Sementara itu Presiden Amerika Serikat Barack Obama dikabarkan langsung menelepon bekas penasihatnya itu. Ia ikut prihatin sekaligus memberi dukungan agar Lippert tetap tabah. Menurut Bernadette Meehan, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Presiden mendoakan dia dan istrinya, Robyn agar segera lekas sembuh.

Sementara itu Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye mengatakan dari Uni Emirat Arab bahwa melukai Lippert identik dengan “serangan terhadap aliansi Korea Selatan-AS”.

Korean Council for Reconciliation and Cooperation yang mengundang Lippert saat penyerangan terjadi menyampaikan permohonan maaf kepada pemerintah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Lippert tergolong duta besar cukup populer di Korsel. Ia sangat mencintai Korea. Saat istrinya melahirkan anaknya Januari lalu dan mereka memberi nama tengah sang anak dengan bahasa Korea. Yakni James William Sejun Lippert, Sejun adalah bahasa Korea.
TENTANG MARK LIPPERT
2005: Penasihat kebijakan luar negeri untuk Senator Barack Obama.
2007: Sebagai intelijen angkatan laut AS di Irak
2008: Kembali menjadi penasihat kebijakan luar negeri senior Obama
2009: Kepala Staf Dewan Keamanan Nasional Presiden Obama.
2011: Asisten Menteri Pertahanan untuk Urusan Keamanan Asia dan Pasifik.
2014: Duta Besar Amerika Serikat untuk Korea Selatan.

TENTANG KIM KI-JONG
2007: Pernah mencoba bunuh diri sebagai upayanya menuntut investigasi pemerkosaan di kantor tempatnya bekerja.
2010: Lempar sebongkah beton ke arah Duta Besar Jepang, selanjutnya ia dipenjara dua tahun.
2010: Hasil penyelidikan polisi setelah penyerangan itu, Kim disimpulkan terobsesi An Jung-guen yang menembak mati Dubes Jepang tahun 1909.
2015: Kim menyerang Dubes AS dengan pisau. Ia tampaknya menentang latihan perang Korsel-AS dan berharap dua Korsel bersatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s